Bentrok di Perbatasan Kolombia, Venezuela Tangkap Anggota Kartel Sinaloa

Sabtu, 10 April 2021 - 10:43 WIB
loading...
Bentrok di Perbatasan Kolombia, Venezuela Tangkap Anggota Kartel Sinaloa
Militer Venezuela menangkap anggota kartel Sinaloa setelah terlibat bentrok di perbatasan Kolombia. Foto/Ilustrasi
A A A
CARACAS - Pasukan Venezuela menahan anggota kartel narkoba Sinaloa Meksiko selama bentrokan dengan kelompok bersenjata di dekat perbatasan barat dengan Kolombia . Hal itu diungkapkan pejabat tinggi militer Venezuela.

Militer Venezuela pada 21 Maret melancarkan serangan terhadap kelompok bersenjata Kolombia di negara bagian barat Apure. Sekitar delapan tentara Venezuela tewas selama operasi itu, yang menyebabkan sekitar 5.000 orang mengungsi melintasi perbatasan.

"Kami bahkan menangkap beberapa individu dari kartel Sinaloa," kata kepala komando operasional strategis Venezuela, Remigio Ceballos, dalam panggilan telepon yang disiarkan di televisi pemerintah seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (10/4/2021).



Ceballos tidak merinci nama orang-orang yang ditahan, atau berapa banyak anggota kartel yang ditahan. Dia mengatakan beberapa individu dari Brasil juga ditahan, dan semua akan diajukan ke pengadilan negara itu.

Pertempuran itu terjadi di dekat kota perbatasan La Victoria, sekitar 628 km barat daya ibu kota Venezuela, Caracas.

Kementerian informasi Venezuela tidak segera menanggapi permintaan untuk rincian lebih lanjut tentang penangkapan tersebut.



Pemerintah Kolombia mengatakan bahwa kartel Sinaloa aktif di negara Amerika Selatan itu dan memiliki aliansi dengan kelompok pemberontak lokal, termasuk Tentara Pembebasan Nasional (ELN) dan mantan anggota Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) yang telah menolak perdamaian 2016 Sepakat.

Venezuela, yang minggu ini membentuk unit militer khusus untuk wilayah perbatasan, belum merinci kelompok mana yang mereka lawan di sepanjang perbatasan. Kritikus Presiden Nicolas Maduro mengatakan para pejuang itu termasuk gerilyawan FARC pembangkang yang sebelumnya diakomodasi oleh pemerintahnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)