Sebut Muslim Dukung ISIS, The Sun Tuai Kecaman

Minggu, 27 Maret 2016 - 20:45 WIB
Sebut Muslim Dukung ISIS, The Sun Tuai Kecaman
Sebut Muslim Dukung ISIS, The Sun Tuai Kecaman
A A A
LONDON - Badan regulasi penerbitan Inggris mencela koran milik Rupert Murdoch, The Sun, terkait pemberitaan yang menyudutkan umat Muslim Inggris. Koran tersebut menyatakan bahwa bahwa satu dari lima Muslim di Inggris mendukung ISIS. Berita tersebut dinilai sangat menyesatkan.

Belum lama ini, The Sun pada halaman depannya menulis sebuah judul berita "1 dari 5 Muslim Inggris Mendukung Aksi ISIS." Judul berita ini dipadankan dengan foto Mohammed Emwazi, algojo bengis ISIS yang dikenal dengan sebutan Jihadi John.

The Sun menyatakan bahwa pemberitaan itu berdasarkan hasil polling. The Sun mencantumkan sebuah grafik yang menjelaskan 5% orang-orang yang mereka survei sangat bersimpati, 14% bersimpati, dan 71% tidak bersimpati kepada pemuda Muslim yang meninggalkan Ingris untuk berperang di Suriah seperti dikutip dari laman Asia One, Minggu (27/3/2016).

Di sinilah pangkal permasalahan terjadi. Warga yang mengikuti survei menyatakan pertanyaan yang diajukan The Sun tidak secara khusus menyebutkan kelompok ISIS. The Sun juga tidak menyebutkan mereka yang berjuang melawan ISIS.

Sebanyak lebih dari 3.000 keluhan melayang ke meja Independent Press Standards Organisation (IPSO). IPSO pun akhirnya menyatakan bahwa The Sun telah membuat pertanyaan yang ambigu, namun mengambil kesimpulan yang menyesatkan secara signifikan. The Sun diminta untuk menerbitkan ajudikasi pada halaman 2 dari surat kabar itu seperti yang dipersyaratkan oleh IPSO.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7229 seconds (0.1#10.140)