Menlu Saudi Beber Sumber Dana Rekening Gendut PM Najib

Sabtu, 06 Februari 2016 - 17:17 WIB
Menlu Saudi Beber Sumber Dana Rekening Gendut PM Najib
Menlu Saudi Beber Sumber Dana Rekening Gendut PM Najib
A A A
KUALA LUMPUR - Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi, Adel Al-Jubeir, membeberkan sumber dana yang masuk ke rekening gendut Perdana Menteri (PM) Malaysia; Najib Razak. Menurutnya, dana itu bukan dari keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Jubeir juga mengungkap bahwa dana itu bukan sumbangan politik, tapi semacam investasi. Menlu Jubeir juga mengklarifikasi pernyataan Kejaksaan Agung Malaysia yang dia anggap salah karena menyebut sumber dana itu dari keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Dia menegaskan, dana itu dari warga Saudi secara pribadi dan tidak terkait dengan pihak keluarga kerajaan.

”Itu adalah warga negara Saudi secara pribadi, saya percaya, dan dana untuk investasi di Malaysia,” katanya dalam sebuah wawancara dengan New York Times.

Media AS itu juga mengutip komentar salah satu anggota keluarga Kerajaan Saudi dan anggota asosiasi keluarga kerajaan yang berbicara dalam kondisi anonim. Mereka kompak menegaskan bahwa dana itu bukan sumbangan.


Asosiasi ini mempertanyakan jumlah yang dilaporkan, dana itu merupakan bagian dari kesepakatan bisnis,” tulis New York Times.


Jaksa Agung Malaysia, Apandi Ali sebelumnya telah membersihkan PM Najib dari tuduhan melakukan tindak pidana korupsi terkait kepemilikan rekening gendut sebesar USD681 juta. Apandi Ali juga menyatakan sumber uang itu dari keluarga Kerajaan Saudi.

Najib, lanjut Jaksa Agung Malaysia, juga telah mengembalikan dana itu pada bulan Agustus 2013 karena tidak dimanfaatkan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7596 seconds (0.1#10.140)