Negara yang Banyak Orang Jawa, Nomor 1 Jumlahnya Lebih dari 1,5 Juta Jiwa

Jum'at, 27 Mei 2022 - 15:09 WIB
loading...
Negara yang Banyak Orang Jawa, Nomor 1 Jumlahnya Lebih dari 1,5 Juta Jiwa
Orang Jawa dibawa ke Suriname dengan kapal oleh penjajah Belanda. Foto/KITLV Special Collections
A A A
RIYADH - Negara yang banyak orang Jawa tersebar di penjuru dunia. Suku Jawa merupakan suku asli Indonesia yang berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Badan Pusat Statistik Nasional Republik Indonesia tahun 2019 menyebutkan setidaknya 40,05% penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa.

Bahkan saking beragamnya etnis ini, terdapat pula sub-suku Jawa, di antaranya Suku Tengger, Orang Samin, dan Suku Osing.

Selain bermukim di Indonesia, rupanya ada beberapa etnis Jawa yang berada di negara lain. Suku Jawa yang menetap di negara lain mempunyai sejarah dan alasannya tersendiri.

Berikut negara yang mempunyai banyak populasi orang Jawa.

1. Arab Saudi

Arab Saudi menjadi salah satu tujuan utama orang Jawa untuk mengadu nasib. Mayoritas warga Indonesia yang ada di Arab Saudi bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Tercatat pada tahun 2014 saja, terdapat 1.500.000 orang Jawa yang menetap di Arab Saudi. Saat ini mungkin jumlahnya sudah lebih dari itu.

Terdapat beragam cerita unik yang berkaitan dengan Arab Saudi dan Suku Jawa. Salah satunya cerita dari jemaah haji Indonesia yang bertemu seorang wanita yang berperawakan mirip dengan orang Arab.

Namun, betapa terkejutnya jemaah tersebut ketika sang wanita berbicara dengan bahasa Jawa berlogat medok.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1393 seconds (11.252#12.26)