Kapal Perang AS Dekati Pulau Sengketa di Laut China Selatan

Sabtu, 30 Januari 2016 - 17:12 WIB
Kapal Perang AS Dekati Pulau Sengketa di Laut China Selatan
Kapal Perang AS Dekati Pulau Sengketa di Laut China Selatan
A A A
BEIJING - Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (30/1/2016), bergerak mendekati pulau sengketa di Laut China Selatan yang diklaim oleh China dan beberapa negara ASEAN. Kapal USS Curtis Wilbur berlayar di perairan yang berjarak 12 mil dari pulau sengketa.

Pentagon menegaskan, patroli kapal perang AS sebagai aksi menentang upaya untuk membatasi kebebasan bernavigasi.

China mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan,yang menghasilkan USD5 triliun dari lalu lintas perdagangan dunia setiap tahunnya itu. Namun, Vietnam, Malaysia, Brunei, Filipina dan Taiwan juga sama-sama mengklaim.

Juru bicara Pentagon, Kapten Jeff Davis, mengatakan tidak ada kapal militer China yang berada di sekitar kapal USS Curtis Wilbur ketika melintas di dekat Pulau Triton di Kepulauan Paracel.


Operasi ini menantang upaya oleh tiga pengklaim--China, Taiwan dan Vietnam--untuk membatasi hak-hak kebebasan bernavigasi,” kata Davis, yang menegaskan bahwa wilayah Laut China Selatan merupakan wilayah perairan internasional.


Ini bukan pertama kalinya kapal perang AS bermanuver di dekat pulau sengketa itu. Pada bulan Oktober tahun lalu, kapal perang AS, USS Lassen juga mendekati pulau buatan China di kawasan sengketa. Manuver kapal perang AS kala itu membuat Beijing marah.

Davis mengatakanbahwa, AS tidak mengambil posisi bersaing perihal kedaulatan wilayah di Laut China Selatan.Tidak ada pengadu (pengklaim) yang diberitahu sebelum (kapal) transit, (AS) konsisten dengan proses yang normal dan sesuai hukum internasional,” ujar Davis, seperti dikutip Reuters.

Pemerintah China yang biasanya sangat keras memprotes manuver militer AS di kawasan sengketa, hingga kini belum merespons patroli terbaru dari kapal perang AS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4768 seconds (0.1#10.140)
pixels