Tertangkap, Pelarian Bos Narkoba Meksiko 'El Chapo' Berakhir

Sabtu, 09 Januari 2016 - 13:02 WIB
Tertangkap, Pelarian...
Tertangkap, Pelarian Bos Narkoba Meksiko 'El Chapo' Berakhir
A A A
MEKSIKO CITY - Setelah sempat melarikan diri dari penjara dengan keamanan maksimum, gembong narkoba paling terkenal di Meksiko Joaquin 'El Chapo' Guzman berhasil ditangkap oleh otoritas keamanan Meksiko dengan bantuan badan anti narkoba Amerika Serikat (AS), DEA, dan US Marshal .

"Misi telah tercapai: Kami mendapatkan dia. Saya ingin memberitahu semua orang Meksiko jika Joaquin Guzman Loera telah ditangkap," cuit Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto di akun Twitternya seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (9/1/2015).

Menurut sumber yang merupakan anggota polisi senior Meksiko, Guzman ditangkap di Hotel Doux yang berada di pinggiran Los Mochis. Daerah ini dulu pernah populer bagi warga Amerika Utara yang ingin bepergian ke Selatan.

Satu foto yang beredar luas di media sosial, namun belum bisa diverifikasi kebenarannya, menunjukkan Guzman duduk di borgol di tempat tidur hotel. Ia menggunakan rompi kotor dan poster seorang wanita berpakaian minim tertempel di dinding di belakangnya.

Foto lain yang beredar menunjukkan Guzman tanpa borgol dan mengenakan rompi yang sama di belakang kendaraan di samping salah satu anak buahnya.

Saat ini Guzman tengah menunggu proses ekstradiri ke AS. Setelah sebelumnya sempat gagal, pada bulan Juli lalu, kantor Kejaksaan Agung Meksiko setuju untuk mengekstradisi Chapo di perbatasan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)