Presiden Ceko: Pemuda Suriah dan Irak Harus Bersatu Lawan ISIS

Minggu, 27 Desember 2015 - 18:21 WIB
Presiden Ceko: Pemuda Suriah dan Irak Harus Bersatu Lawan ISIS
Presiden Ceko: Pemuda Suriah dan Irak Harus Bersatu Lawan ISIS
A A A
PRAHA - Presiden Republik Ceko, Milos Zeman menyerukan kepada pada pemuda, baik di Suriah dan Irak untuk bersatu melawan ISIS. Seruan ini muncul di tengah semakin derasnya aliran pengungsi dari Irak dan Suriah, dimana tidak sedikit dari pengungsi tersebut adalah anak-anak muda.

Zeman, dalam sebuah pernyataan mengaku heran dengan banyaknya anak-anak muda yang lebih memilih untuk mengungsi ke negara lain, daripada turut berjuang untuk membebaskan negara mereka dari jeratan kelompok teror, khusunya ISIS.

"Sebagian besar para migran adalah laki-laki muda dengan kondisi fisik yang baik. Saya bertanya-tanya, mengapa orang-orang ini tidak mengangkat senjata untuk memperjuangkan kebebasan negara mereka, dan melawan ISIS. Mengapa mereka lebih memilik untuk bermigrasi ke Eropa?" tanya Zeman, seperti dilansir Guardian pada Minggu (27/12).

Ceko merupakan salah satu negara yang turut terkena dampak dari aliran pengungsi, baik dari Irak dan Suriah. Walaupun bukan negara tujuan, Ceko adalah salah satu negara transit para pengungsi dari kedua negara tersebut.

Puluhan hingga ratusan ribu orang memang telah bermigrasi dari Suriah dan Irak setelah kedua negara terjebak dalam kekerasan, pembunuhan, dan penculikan terjadap kaum minoritas, seperti Yazidi, Kristen dan agama dan sekte oleh kelompok militan, terutama oleh ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7908 seconds (0.1#10.140)