Kim Jong-un: Punya Bom Hidrogen, Korut Negara Nuklir Kuat

Kamis, 10 Desember 2015 - 14:12 WIB
Kim Jong-un: Punya Bom...
Kim Jong-un: Punya Bom Hidrogen, Korut Negara Nuklir Kuat
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, mengatakan negara sekarang memiliki sebuah bom hidrogen dan mampu menggunakannya bersama dengan hulu ledak nuklir. Dia mengklaim Korut kini menjadi negara nuklir yang kuat.

Kami berhasil menjadi kekuatan nuklir yang besar, yang mampu mempertahankan kemerdekaan dan martabat nasional tanah air kita dengan serangan bom nuklir dan hidrogen yang perkasa,” kata Kim Jong-un seperti dikutip North Korea Centra News Agency, Kamis (10/12/2015).

Korea Utara mampu melanjutkan dan mengembangkan industri militernya,” lanju pemimpin muda Korut itu. Pernyataan itu muncul setelah Kim Jong-un memeriksa pabrik senjata yang di-upgrade di Pyongyang pada hari ini.


Pada 10 Februari 2005, Korut menyatakan telah menciptakan senjata nuklir. Pengumuman itu menuai kecaman banyak negara. Korut sendiri dietahui sudah tiga kali melakukan uji coba senjata nuklir, yaitu pada tahun 2006, 2009 dan 2013.

Uji coba pertama tahun 2006 dilakukan di situs nuklir Punggye-ri di sebelah timur laut Pyongyang. Dampak seismik dari uji coba itu direkam Rusia, China, Jepang, Korea Selatan dan Australia. Menurut perkiraan kasar, sebuah perangkat nuklir antara 5 sampai 10 kiloton TNT meledak dalam uji coba itu.

Uji coba kedua dan ketiga pada Mei 2009 dan Januari 2013, juga memicu kecaman internasional. Amerika Serikat secara sepihak menjatuhkan sanksi terhadap Korut. Kekuatan ujicoba senjata nuklir kedua dan ketiga itu antara 10 sampai 20 kiloton TNT.


Pada 2013, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menjatuhkan sanksi baru terhadap Korut atas uji coba senjata nuklir itu. Namun, rezim Pyongyang tetap mengabaikannya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9652 seconds (0.1#10.140)