Menhan AS Tolak Berunding dengan Rusia

Rabu, 16 September 2015 - 17:35 WIB
Menhan AS Tolak Berunding dengan Rusia
Menhan AS Tolak Berunding dengan Rusia
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Ash Carter mengaku belum mempunyai rencana untuk berbicara dengan pihak Rusia terkait permasalahan Suriah, meski Pentagon merasa khawatir dengan keberadaan militer Rusia di negara itu. Menurutnya, ia bukanlah orang yang tepat untuk melakukan perundingan dengan Rusia soal Suriah.

"Saat ini, Sekretaris John Kerry adalah pemimpin diskusi dengan Rusia. Dan kita akan berhenti di situ," ujar juru bicara Pentagon Peter Cook pada konferensi pers seperti dikutip dari Reuters, Rabu (16/9/2015).

Kendati begitu, Pentagon mengatakan, tidak ada halangan formal yang menghalangi Menhan AS untuk berbicara dengan Menhan Rusia, Sergei Shoigu. "Tentu saja, kami tengah menghadapi tantangan terkait hubungan kami dengan Rusia dalam beberapa bulan terakhir. Karenanya, untuk beberapa alasan, Sekretaris Negara lebih berhak untuk berbicara dengan pihak Rusia," ucap Cook.

Pekan lalu, Moskow menyerukan agar pihak Washington mau duduk bersama membahas masalah Suriah agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di negara itu. Pernyataan itu diutarakan setelah pihak Angkatan Laut Rusia menggelar latihan perang di Laut Mediterania di tengah gempuran tentara koalisi AS terhadap sejumlah basis ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5414 seconds (0.1#10.140)