Bom Meledak di Turki, 14 Polisi Tewas

Selasa, 08 September 2015 - 22:09 WIB
Bom Meledak di Turki, 14 Polisi Tewas
Bom Meledak di Turki, 14 Polisi Tewas
A A A
ANKARA - Sebuah bom meledak di pinggir jalan dan menewaskan 14 polisi di Turki timur setelah pesawat jet Turki melakukan serangan udara terhadap pemberontak Kurdi. Pemberontak Kurdi diduga menjadi dalang ledakan yang terjadi di provinsi timur Turki itu.

Ledakan itu menghantam iring-iringan kendaraan polisi yang tengah mengawal kelompok petugas bea cukai melewati gerbang perbatasan. Sejumlah petugas juga mengalami luka dalam serangan di provinsi yang berbatasan dengan Armenia itu seperti dikutip dari ABC News, Selasa (8/9/2015).

Aparat kepolisian Turki memang ditugaskan untuk mengawal petugas bea cukai pasca peristiwa penculikan sekelompok petugas bea cukai oleh kelompok Kurdi beberapa waktu lalu. Serangan ini terjadi di tengah tingginya tensi ketegangan di antara Turki dengan Partai Demokratik Kurdi, PKK.

Ledakan bom ini juga seolah menjadi aksi balasan terhadap serangan jet-jet tempur Turki ke wilayah Irak Utara yang terjadi beberapa jam sebelumnya. Serangan tersebut menewaskan 40 pemberontak Kurdi.
Lebih dari 200 orang telah tewas dalam pertempuran terbaru antara kelompok Kurdi dengan pasukan keamanan Turki, termasuk hampir 100 tentara dan polisi yang turut meregang nyawa.

PKK adalah kelompok yang memperjuangkan otonomi bagi suku Kurdi dan telah memperjuangkannya sejak tahun 1984. Mereka menempati wilayah tenggara Turki. Namun, mereka dianggap sebagai kelompok teroris oleh Turki dan sekutu-sekutunya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6613 seconds (0.1#10.140)