Hikmah di Balik Bencana, Perbatasan Armenia-Turki Dibuka untuk Pertama Kalinya

Minggu, 12 Februari 2023 - 11:11 WIB
loading...
Hikmah di Balik Bencana, Perbatasan Armenia-Turki Dibuka untuk Pertama Kalinya
Perbatasan Armenia-Turki untuk pertama kalinya dibuka dalam 35 tahun untuk menyalurkan bantuan bagi korban gempa bumi. Foto/Hindustan Times
A A A
ANKARA - Sebuah penyeberangan perbatasan antara Armenia dan Turki dibuka untuk pertama kalinya dalam 35 tahun pada Sabtu waktu setempat. Itu dilakukan untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan setelah gempa besar melanda wilayah itu.

"Lima truk bantuan termasuk makanan dan air tiba di Turki dari penyeberangan perbatasan Alican," cuit Serdar Kilic, utusan khusus Turki untuk dialog dengan Armenia seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (12/2/2023).

Bantuan datang setelah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang Turki dan Suriah minggu ini, menewaskan lebih dari 28.000 orang di kedua negara, dan melukai puluhan ribu lainnya.

Kantor berita Turki Anadolu mengatakan ini adalah pertama kalinya penyeberangan dibuka sejak 1988, ketika Turki mengirim bantuan ke Armenia setelah negara itu dilanda gempa yang menewaskan antara 25.000 hingga 30.000 orang.



Kilic dalam tweetnya berterima kasih kepada Armenia dan wakil presiden majelis nasional Armenia Ruben Rubinyan.

"Bantuan itu juga termasuk obat-obatan," katanya.

“Senang bisa membantu,” kata Rubinyan di Twitter.

Kedua negara tidak pernah menjalin hubungan diplomatik formal dan perbatasan bersama mereka telah ditutup sejak 1990-an.

Perbatasan darat antara kedua negara tetap ditutup sejak tahun 1993, memaksa truk untuk transit melalui Georgia atau Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)