Khamenei: AS Ingin Buat Iran Menyerah

Sabtu, 18 Juli 2015 - 17:09 WIB
Khamenei: AS Ingin Buat Iran Menyerah
Khamenei: AS Ingin Buat Iran Menyerah
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dalam pidatonya pada Sabtu (18/7/2015) bersumpah bahwa Iran tetap jadi musuh Amerika Serikat (AS) untuk setiap kebijakan di Timur Tengah. Menurutnya, AS terus berusaha membuat Iran menyerah.

Dalam pidato di Teheran yang diselingi teriakan “Matilah Amerika” dan "Matilah Israel" oleh rakyat Iran, Khamenei kembali meminta para pejabat Iran untuk memeriksa teks kesepakatan nuklir antara Iran dan P5+1 ( AS, Rusia, Inggris, Prancis, Jerman dan China) dengan teliti dan hati-hati.

Berdasarkan kesepakatan nuklir yang dicapai pada hari Selasa lalu, sanksi negara-negara Barat dan PBB akan dicabut dengan kompensasi Iran mengekang program nuklirnya untuk jangka panjang.

Iran menganggap program nuklirnya sebagai lambang martabat nasional dalam menghadapi permusuhan selama beberapa dekade dengan negara-negara Barat.

Khamenei kembali mengungkapkan ketidakpercayaannya pada AS. Menurutnya, Presiden AS dalam beberapa periode berturut-turut telah berupaya membuat Iran “menyerah”.

”Kami telah berulang kali mengatakan, bahwa kami tidak bernegosiasi dengan AS untuk urusan regional atau internasional; bahkan pada isu-isu bilateral,” ujar Khamenei, seperti dilansir Reuters.

Namun, sambung Khamenei, ada beberapa pengecualian seperti dalam kasus program nuklir yang membuat Iran harus bernegosiasi dengan AS. ”Untuk melayani kepentingan kami,” ujarnya. Tapi, Khamenei menegaskan bahwa kebijakan AS di kawasan regional 180 derajat bertentangan dengan kebijakan Iran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5964 seconds (0.1#10.140)