China Tuntut Klarifikasi Jepang Soal Laut China Selatan

Selasa, 30 Juni 2015 - 16:12 WIB
China Tuntut Klarifikasi Jepang Soal Laut China Selatan
China Tuntut Klarifikasi Jepang Soal Laut China Selatan
A A A
BEIJING - Pemerintah China menuntut klarifikasi Jepang soal rencana keterlibatan mereka dalam konflik yang terjadi di Laut China Selatan. Jepang dikabarkan sedang membuat undang-undang baru yang memungkinkan mereka untuk terlibat dalam konflik di wilayah tersebut.

Media-media di Jepang melaporkan bahwa dalam sebuah pertemuan tertutup antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Parlemen Jepang, muncul sebuah proposal mengenai kebijakan militer baru Jepang. Kebijakan baru itu memungkinkan Jepang untuk bergabung dengan Amerika Serikat (AS) untuk melawan China di Laut China Selatan.

"Kami telah melihat laporan tersebut. Jika itu telah dikonfirmasi benar, kami yakin Jepang harus mengeluarkan penjelasan dan klarifikasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (30/6/2015).

"Kami mendesak Jepang untuk bertindak hati-hati dalam urusan militer dan keamanan untuk menghindari membuat kesalahan yang sama dengan apa yang telah mereka lakukan di masa lalu," sambungnya.

Jepang sendiri sejatinya sudah tidak bisa lagi terlibat dalam konflik internasional. Setelah Perang Dunia II, pemerintah Jepang telah merubah konstitusi sehingga militer tidak dapat digunakan dalam sengketa internasional.

Namun, dalam proposal yang diajukan Abe, yang saat ini sedang dipertimbangkan di parlemen lokal, memungkinkan milter Jepang untuk memberikan bantuan kepada sekutunya ketika ada ancaman terhadap eksistensi negara, dalam kasus provokasi militer, serta untuk membela warga negara Jepang di luar negeri dan membebaskan mereka dari tahanan asing.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6118 seconds (0.1#10.140)