Pakistan Batal Gabung Koalisi Teluk

Jum'at, 10 April 2015 - 20:43 WIB
Pakistan Batal Gabung Koalisi Teluk
Pakistan Batal Gabung Koalisi Teluk
A A A
ISLAMABAD - Pakistan akhirnya memutuskan tidak jadi bergabung dalam koalisi Teluk, dan bersikap netral atas konflik di Yaman. Keputusan ini tercantum dalam sebuah deklarasi yang ditandatangani oleh seluruh anggota Parlemen Pakistan.

Deklarasi ini tercapai setelah terjadi diskusi yang sangat alot dalam tiga hari terakhir. Dengan munculnya deklarasi ini, Pakistan juga secara tidak langsung telah menolak permintaan bantuan senjata yang diutarakan oleh Arab Saudi.

“Pakistan akan mengambil posisi netral dalam konflik Yaman agar dapat memainkan peran diplomatis dalam menyelesaikan konflik,” bunyi isi resolusi tersebut, seperti dikutip Sputniknews pada Jumat (10/4/2015).

Keputusan ini diambil karena Parlemen Pakistan takut, jika mereka ikut campur dalam konflik di Yaman maka konflik itu akan merembet ke dalam negeri. Selain itu, mereka juga tidak ingin merusak hubungan baik dengan tetangga mereka yakni Iran.

Kondisi Pakistan sendiri bisa dikatakan masih jauh dari kata kondusif. Mereka sampai saat masih dilanda konflik dengan beberapa kelompok-kelompok militan di dalam negeri, seperti konflik dengan Taliban.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4156 seconds (0.1#10.140)