ICC Selidiki Israel, AS Ancam Cabut Pendanaan untuk Palestina

Selasa, 20 Januari 2015 - 14:31 WIB
ICC Selidiki Israel, AS Ancam Cabut Pendanaan untuk Palestina
ICC Selidiki Israel, AS Ancam Cabut Pendanaan untuk Palestina
A A A
YARUSALEM - Amerika Serikat (AS), kembali melemparkan ancaman akan mencabut pendanaan untuk Palestina. Ancaman ini muncul setelah Mahkamah Pidana Internasional (ICC) mulai memproses laporan Palestina terkait kejahatan perang yang dilakukan Israel.

Melansir Al Arabiya, Selasa (20/1/2015), Lindsey Graham salah satu dari tujuh senator AS yang melakukan kunjungan ke Israel menyatakan, pihaknya sangat tidak senang dengan langkah Palestina tersebut. Graham menyebut, pihaknya tidak senang jika Palestina mengusik Israel dengan melaporkannya ke ICC.

"Undang-udang di AS memperbolehkan kami untuk menarik pendanaan bagi Palestina jika mereka mengajukan keluhan atau protes terhadap Israel," ucap Graham dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan kembali mendorong, dan mengajukan rasa tidak senang (kepada Parlemen). Hal ini telah menjadi bagian dari hukum kami, dan kami berhak untuk memutus pendanaan kepada Palestina jika mereka tetap ingin membawa Israel ke ICC," Graham menambahkan.

AS sendiri merupakan salah satu donatur terbesar bagi Palestina, setidaknya negara tersebut memberikan bantuan sebesar USD 400 juga kepada Palestina setiap tahunnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3837 seconds (0.1#10.140)