Ditekan AS, Palestina Emoh Keluar Dari ICC

Senin, 19 Januari 2015 - 19:56 WIB
Ditekan AS, Palestina Emoh Keluar Dari ICC
Ditekan AS, Palestina Emoh Keluar Dari ICC
A A A
KAIRO - Pemerintah Palestina sudah menetapkan sikap untuk tetap melanjutkan keanggotaan mereka di Mahkamah Pidana Internasional (ICC). Sikap ini diambil di tengah tekanan yang sangat kuat dari Amerika Serikat (AS), yang meminta mereka untuk mundur.

Melansir Jpost, Senin (19/1/2015), tekanan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS, John Kerry yang menyebut keputusan Palestina untuk bergabung dengan ICC sebagai bom waktu. Keputusan itu pada akhirnya menurut Kerry akan merugikan Palestina.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan media Mesir, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menegaskan tidak akan mengubah sikap mereka. "Kami mengabaikan tekanan itu, dan tetap melanjutkan keanggotan kami di ICC, dan akan mencari keanggotaan di organisasi dunia lainnya," ucap Abbas.

Dirinya menegaskan, dia akan mengambil semua resiko yang ada untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak-hak warga Palestina, walaupun itu mempertaruhkan nyawanya.

AS sendiri memang sedari awal terus mengecam langkah Palestina untuk bergabung dengan ICC. Kecaman AS semakin menguat setelah ICC mulai menyelidiki Israel, dan menyatakan apa yang dilakukan ICC terhadap Israel adalah ironi yang tragis bagi negara zionis itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)