AS Tanggapi Dingin Rencana Penarikan Pasukan Rusia dari Ukraina

Senin, 13 Oktober 2014 - 10:33 WIB
AS Tanggapi Dingin Rencana Penarikan Pasukan Rusia dari Ukraina
AS Tanggapi Dingin Rencana Penarikan Pasukan Rusia dari Ukraina
A A A
UKRAINA - Perintah Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk menarik pasukan Rusia dari pangkalan milliter di Rostov, wilayah yang dekat dengan perbatasan Ukraina, hanya ditanggapi dingin oleh Amerika Serikat (AS).

Melansir RIANOVOSTI, seorang pejabat AS yang dimintai pendapatnya mengenai rencana penarikan mundur ini enggan memberikan banyak komentar. Dalam kondisi anonim, dirinya hanya menyebut bahwa pihaknya terus menunggu iktikad baik Rusia dalam penyelesaikan krisis di Ukraina.

"Kami terus meminta Rusia untuk memenuhi semua kewajibannya berdasarkan perjanjian gencatan senjata yang dicapai di Minsk, beberapa waktu lalu," ungkap pejabat tersebut. AS merupakan salah satu negara yang kerap menuduh Rusia terus mengirimkan pasukan ke wilayah Ukraina, walaupun selalu dibantah oleh pihak Rusia.

Sebelumnya diberitakan, penarikan pasukan dilakukan sebelum diadakan pertemuan antara Putin dan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko di Milan, pekan depan. Kremlin mengatakan, Putin dan Poroshenko dapat mengadakan pembicaraan di sela-sela pertemuan puncak para pemimpin Asia dan Eropa di Milan pada 16-17 Oktober.

Rostov sendiri merupakan wilayah yang menjadi kantung para pengungsi yang melarikan diri dari wilayah Ukraina timur saat perang masih terjadi. Lokasi tersebut kerap dijadikan tempat untuk pasukan Rusia melakukan latihan tempur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4017 seconds (0.1#10.140)