Kassig, Veteran Perang Irak Calon Korban ISIS Berikutnya

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 20:13 WIB
Kassig, Veteran Perang Irak Calon Korban ISIS Berikutnya
Kassig, Veteran Perang Irak Calon Korban ISIS Berikutnya
A A A
RAQQA - Nama Peter Edward Kassig.(26) muncul kepermukaan setelah dirinya muncul dalam video yang dirilis oleh ISIS. Nama Kassig muncul setelah ISIS memenggal Alan Henning. Kassig merupakan calon korban ISIS berikutnya. Siapakah sebenarnya Kassig?

Ternyata, Kassig adalah seorang mantan tentara Amerika Serikat (AS) yang turut berperang di Irak tahun 2007 lalu. Kassig bergabung dengan militer AS pada tahun 2006, dan berangkat ke Irak pada tahun 2007.

Namun, sekitar tahun 2009 Kassig dikeluarkan secara hormat dari militer karena alasan kesehatan. Setelah kembali ke AS, ia lalu mengambil kuliah di bidang politik. Lalu, mengapa ia bisa kembali ke Suriah, dan kemudian ditangkap oleh ISIS?

Melansir Dailymail, Sabtu (4/10/2014) tahun 2010 Kassig akhirnya memutuskan untuk cuti dari kegiatan perkuliahannya dan membentuk organisasi kemanusiaan yang ia namakan Special Emergency Response and Assistance (SERA). Hal inilah yang akhirnya membawa Kassig kembali ke Suriah.

“Jumlah dukungan dari orang-orang di seluruh dunia memotivasi saya untuk mempersiapkan diri dan mengembangkan sebuah organisasi di mana orang bisa mengirimkan donasi untuk mendukung kelanjutan pekerjaan saya,” tulis Kassig di situs penggalangan dana FundRazr.

Sebelum berangkat ke Suriah, Kassig juga dikabarkan pernah melakukan kegiatannya amalnya di Libanon. Di negara tersebut ia bertugas sebagai seorang pekerja medis di sebuah rumah sakit setempat.

Dia kemudian memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Beirut untuk mencoba dan membantu mereka yang terkena dampak dari krisis Suriah. Namun, rincian lebih lanjut bagaimana dan kapan Kassig bisa jatuh ke tangan ISIS belum diberikan oleh Departemen Luar Negeri AS.

Kassig adalah warga AS ketiga yang muncul dalam video ISIS, setelah sebelumnya dua jurnalis AS yang terlebih dahulu menjadi korban kelompok radikal tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6733 seconds (0.1#10.140)