Kepala Ditembus Peluru, Tokoh Islam Liberal Pakistan Tewas

Sabtu, 20 September 2014 - 13:48 WIB
Kepala Ditembus Peluru, Tokoh Islam Liberal Pakistan Tewas
Kepala Ditembus Peluru, Tokoh Islam Liberal Pakistan Tewas
A A A
KARACHI - Akademisi Pakistan yang juga tokoh Islam Liberal tewas setelah kepalanya ditembus peluru dari tembakan pria tak dikenal. Akademisi itu bernamaDr Muhammad Shakil.

Dia diserang oleh dua pria bersenjata Jumat kemarin di Karachi. Dua pria bersenjata itu menaiki sepeda motor dan mendekati mobil yang ditumpangi Shakil dan rekannya.

Dua pria bersenjata itu melepaskan tembakan ke arah mobil tersebut. Shakil tewas, sedangkan rekannya, yang juga seorang dosen mengalami cedera di bagian lengan.

”Sebuah peluru menembus kepalanya, ini kejadian fatal," kata perwira polisi senior Pakistan, Mohammad Shah, kepada Associated Press, semalam. "Kami sedang menyelidiki pembunuhan ini. Terlalu dini untuk menyimpulkan motif saat ini.”

Sosok Shakil dikenal sebagai akademisi kontroversial. Dua tahun lalu, dia melakukan penghujatan saat pidato di Amerika Serikat (AS). Shakil tercatat sebagai Dekan Fakultas Studi Islam di Universitas Karachi.

Akademisi berusia 54 tahun itu terkenal lewat beberapa tulisannya di berbagai artikel. Salah satu artikel terkenalnya adalah, soal pandangannya bahwa perempuan Muslim harus diizinkan untuk menikah dengan pria non-Muslim.

Dia juga pernah mengatakan bahwa wanita Muslim tidak perlu menghapus lipstik atau make-up sebelum beribadah.

Hukum penghujatan Pakistan, diganjar sangat berat, yakni bisa dihukum mati. Namun, sejauh ini tidak ada orang di Pakistan yang dieksekusi karena penghujatan. Sebaliknya, ancaman mematikan justru kerap terjadi di luar persidangan. Selain terdakwa, hakim dan pengacara di negara itu kerap diancam.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4490 seconds (0.1#10.140)