Incar india, Ini Alasan Pemimpin al-Qaeda

Jum'at, 05 September 2014 - 09:51 WIB
Incar india, Ini Alasan Pemimpin al-Qaeda
Incar india, Ini Alasan Pemimpin al-Qaeda
A A A
NEW DELHI - India menjadi target serangan yang dincar kelompok al-Qaeda. Pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahri memiliki alasan khusus, mengapa India kini menjadi target yang akan diperangi al-Qaeda.

Ancaman al-Qaeda terhadap India, termasuk klaim akan mendirikan cabang al-Qaeda di semenanjung India terungkap dari sebuah video baru yang ditemukan situs pemantau terorisme, SITE, kemarin.

Zawahri, dalam video itu mengatakan cabang baru kelompok yang didirikan Osama bin Laden segera ada di semenanjung India. “Kekuatan baru akan menghancurkan batas-batas artifisial, membagi populasi Muslim di wilayah tersebut,” demikian alasan pemimpin al-Qaeda itu mengapa kelompoknya menargetkan India.

“Qaeda al-Jihad akan melakukan perlawanan ke India, Myanmar dan Bangladesh,” lanjut penerus Osama biln Laden tersebut dalam video baru.

”Entitas ini tidak didirikan hari ini, tetapi buah dari upaya diberkati lebih dari dua tahun untuk mengumpulkan mujahidin di sub-benua India menjadi satu kesatuan,” katanya.

Menteri Dalam Negeri India, Rajnath Singh, langsung menggelar pertemuan dengan para pejabat tinggi keamanan India untuk menanggapi ancaman al-Qaeda itu.

Para ahli seperti dikutip Indian Express, semalam (4/9/2014), mengatakan bahwa kampanye teror di India datang pada saat kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berjaya di Timur Tengah. Al-Qaeda diyakini ingin mengembalikan dominasi kelompok tersebut setelah kalah tenar dengan ISIS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3380 seconds (0.1#10.140)