Duterte Nyatakan Filipina Pisah dari AS, Washington Tuntut Penjelasan

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 02:17 WIB
Duterte Nyatakan Filipina Pisah dari AS, Washington Tuntut Penjelasan
Duterte Nyatakan Filipina Pisah dari AS, Washington Tuntut Penjelasan
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan menuntut penjelasan kepada Pemerintah Filipina terkait pengumuman Presiden Rodrigo Duterte yang menyatakan Filipina “pisah” dari AS. Komentar Duterte itu diumumkan saat sedang lawatan ke China pada hari Kamis.

Pemerintah AS merasa perlu meminta penjelasan dari Filipina karena komentar sensitif Duterte itu membingungkan. Departemen Luar Negeri AS menyebut pengumuman Duterte bertentangan dengan hubungan dekat kedua negara yang masih terjalin.

”Kami akan mencari penjelasan tentang apa yang presiden (Duterte) sampaikan tentang perpisahan dari AS,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, John Kirby, seperti dikutip Reuters, Jumat (21/10/2016). ”Ini tidak jelas bagi kami apa artinya dalam semua ramifikasi-nya.”

Baca:
Duterte: Waktunya Ucapkan Selamat Tinggal pada AS


Seperti diberitakan sebelumnya, pengumuman bahwa Filipina ”pisah” dari AS disampaikan Duterte di depan 200 pelaku bisnis Manila dan Beijing di China.

”Di tempat ini, Anda yang terhormat, di tempat ini, saya mengumumkan perpisahan saya dari Amerika Serikat,” kata Duterte yang disambut tepuk tangan oleh ratusan orang di forum tersebut yang juga dihadiri Wakil Perdana Menteri China, Zhang Gaoli.

”Baik dalam militer, tidak hanya sosial, tetapi ekonomi juga. Amerika telah kehilangan,” lanjut Duterte.

”Saya sudah menyesuaikan diri dalam aliran ideologi dan mungkin saya juga akan pergi ke Rusia untuk berbicara dengan (Presiden Vladimir) Putin dan mengatakan kepadanya bahwa ada tiga dari kita melawan dunia, China, Filipina dan Rusia. Ini satu-satunya cara,” ujar Duterte.

Baca juga:
Duterte Umumkan Filipina "Pisah" dari AS, Begini Reaksi Gedung Putih
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3020 seconds (0.1#10.140)