Assad: Serangan AS yang Tewaskan 62 Tentara Suriah Disengaja

Assad: Serangan AS yang Tewaskan 62 Tentara Suriah Disengaja
Presiden Suriah Bashar al-Assad. | (REUTERS/SANA)
A+ A-
DAMASKUS - Presiden Suriah, Bashar al-Assad, mengatakan bahwa serangan udara Amerika Serikat yang menewaskan 62 tentara Pemerintah Suriah disengaja dan serangan berlangsung selama satu jam. Menurut Assad, AS tak punya kemauan bergabung dengan Rusia dalam memerangi teroris di Suriah.

Dalam wawancaranya dengan Associated Press di Damaskus, pada hari Kamis (22/9/2016), pemimpin Suriah membantah dalih AS bahwa serangan udara di dekat Deir ez-Zor pada 17 September itu merupakan kecelakaan.

Menurut militer Suriah, selain 62 tentara tewas, ada lebih dari 100 tentara Suriah lainnya yang terluka akibat serangan udara AS. Assad mengatakan, tentaranya sengaja ditargetkan oleh AS.

”Itu bukan kecelakaan oleh satu pesawat; itu empat pesawat yang terus menyerang posisi pasukan Suriah selama hampir satu jam atau mungkin sedikit lebih dari satu jam,” kata Assad. Menurutnya, pesawat-pesawat AS menyerang area besar yang berdekatan dengan posisi tentara Suriah.

Assad juga mempertanyakan bagaimana kelompok ISIS mampu melancarkan serangan begitu cepat setelah serangan udara AS tersebut.

”Pasukan ISIS menyerang pada saat yang sama dengan serangan Amerika. Bagaimana mereka (ISIS) bisa tahu bahwa Amerika akan menyerang posisi (tentara Suriah) itu? Mereka segera dan menyerang satu jam setelah serangan (AS). Itu pasti disengaja dan bukannya tidak disengaja,” imbuh Assad.


(mas)
dibaca 9.472x
Top