Rezim Assad Dicap Luncurkan Bom Kimia, Begini Reaksi Rusia

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 04:01 WIB
Rezim Assad Dicap Luncurkan Bom Kimia, Begini Reaksi Rusia
Rezim Assad Dicap Luncurkan Bom Kimia, Begini Reaksi Rusia
A A A
NEW YORK - PBB menyimpulkan bahwa rezim Pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad meluncurkan dua serangan bom kimia sebanyak dua kali dalam dua tahun terakhir. Rusia tidak percaya begitu saja dengan laporan PBB dan mendesak masyarakat dunia untuk hati-hati menyimpulkan laporan itu.

Laporan PBB itu disusun berdasarkan penyelidikan Dewan Keamanan PBB yang didukung Organisasi Anti-Senjata Kimia (OPCW). Laporan itu juga menyebut bahwa kelompok Islamic State atau ISIS meluncurkan serangan senjata kimia satu kali.

Sikap Pemerintah Rusia itu disampaikan Duta Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin di New York, pada hari Kamis.

”Kita tidak harus datang pada kesimpulan yang terburu-buru. Kita perlu melangkah sangat hati-hati di sini,” kata Churkin. Menurutnya, Rusia membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempelajari laporan setebal 95 halaman itu.

Menurut laporan PBB, rezim Assad meluncurkan serangan bom kimia berbahan gas klor di Idlib pada tahun 2014 dan 2015. Sedangkan ISIS menggunakan senjata kimia jenis gas mustard di Marea pada bulan Agustus 2015.

Churkin mengatakan bahwa temuan itu penting.”Biasanya semua kesalahan akan dibebankan kepada Pemerintah Suriah,” katanya, seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (26/8/2016).

Dia juga mengatakan bahwa Rusia akan membahas temuan ini dengan Amerika Serikat (AS) pada rapat PBB sesi berikutnya di bulan September nanti.

Suriah pada 2014 nyaris jadi target invasi AS dan sekutunya setelah dituduh menggunakan senjata kimia dalam perang sipil.

Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin yang dikenal sebagai sekutu rezim Suriah dengan cepat melakukan intervensi sehingga invasi dapat dicegah. Putin meyakinkan Barat bahwa rezim Suriah akan menghancurkan semua senjata kimia sehingga tidak ada alasan untuk diinvasi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3790 seconds (0.1#10.140)