Rusia Desak AS dan UE Cabut Sanksi untuk Suriah

Selasa, 28 Juni 2016 - 22:45 WIB
Rusia Desak AS dan UE Cabut Sanksi untuk Suriah
Rusia Desak AS dan UE Cabut Sanksi untuk Suriah
A A A
MOSKOW - Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia, Maria Zakharova mengatakan, Moskow mendesak pencabutan secepatnya secara sepihak sanksi atas Suriah oleh Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE).

"Menurut temuan dari Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia Barat, sanksi telah menyebakan efek yang kurang baik pada terhadap situasi kemanusiaan di Suriah sejak pertengahan 2012. Pembatasan di perbankan membuat kegiatan kemanusiaan jauh terbatas, di tempat pertama, pemulihan infrastruktur, lumpuh industri farmasi, dan terbukti salah satu faktor utama untuk inflasi," katanya.

"Kami mendesak penghentian instan sanksi unilateral ilegal yang serius melemahkan posisi kemanusiaan warga Suriah," imbuh Zakharova seperti dikutip dari Itar Tass, Selasa (28/6/2016).

Zakharova mengatakan bahwa topik bantuan kemanusiaan ke Suriah bukanlah subyek untuk tawar menawar, tetapi beberapa anggota Kelompok Dukungan Suriah Internasional berusaha untuk melakukan hal yang tepat. Misalnya, mereka mengusulkan pola tambahan airdropping bantuan kemanusiaan di sejumlah daerah terkepung tanpa persetujuan dari Damaskus.

"Sebaliknya, lawan dari Damaskus harus difokuskan pada pekerjaan ketat dengan kelompok-kelompok bersenjata di Suriah dimana mereka memiliki kontak dan kelompok yang mencegah akses kemanusiaan ke wilayah yang dikepung oleh mereka. Secara khusus, misi PBB belum mampu masuk ke desa-desa di Fua dan Kefraya, yang dikepung oleh milisi selama beberapa bulan," kata Zakharova.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4269 seconds (0.1#10.140)