Lebih dari 2 Juta Orang Dukung Referendum Ulang di Inggris

Minggu, 26 Juni 2016 - 19:03 WIB
Lebih dari 2 Juta Orang Dukung Referendum Ulang di Inggris
Lebih dari 2 Juta Orang Dukung Referendum Ulang di Inggris
A A A
LONDON - Lebih dari 2 juta warga Inggris dan Inggris Raya telah menandatangani petisi yang menyerukan referendum Uni Eropa (UE) ulang. Dukungan ini muncul hanya beberapa hari setelah Inggris meninggalkan organisasi itu.

Petisi yang diposting sejak Jumat kemarin menyatakan, pemerintah Inggris harus mengadakan referendum ulang jika pemilih untuk bertahan dan keluar kurang dari 60 persen, jika jumlah pemilih kurang dari 75 persen dari pemilih yang memenuhi syarat.

Baca juga: Pasca Kemenangan Brexit, Muncul Petisi Referendum Ulang

Perdana Menteri Inggris David Cameron, yang mengumumkan pengunduran dirinya pasca referendum, menyatakan bahwa tidak akan ada referendum ulang. Namun karena petisi ini telah mendapatkan dukungan 2.149.429 suara, maka parlemen harus mempertimbangkannya.

Sesuai persyaratan, parlemen akan melakukan perdebatan jika sebuat petisi mendapat dukungan lebih dari 100 ribu. Sedangkan pemerintah harus menanggapi petisi tersebut karena telah mendapatkan dukungan lebih dari 10 ribu.

Dikutip dari laman ABC News, Minggu (26/6/2016), website yang memuat petisi ini juga menunjukkan wilayah yang memberikan dukungan. Alhasil, wilayah yang memberikan dukungan adalah wilayah-wilayah yang menginginkan Inggris bertahan di UE, termasuk London.

Hasil referedum UE yang diadakan pada Kamis lalu menunjukkan hasil 52 persen - atau lebih dari 17 juta orang - mendukung Inggris keluar, atau "Brexit," dari UE. Sedangkan mereka yang memilih agar Inggris tetap di UE mencapai 16,1 juta suara dengan tingkat partisipasi pemilih adalah 72,2%.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5860 seconds (0.1#10.140)