Puji Rusia, Sekjen PBB Membuat Ukraina Marah

Jum'at, 17 Juni 2016 - 14:13 WIB
Puji Rusia, Sekjen PBB Membuat Ukraina Marah
Puji Rusia, Sekjen PBB Membuat Ukraina Marah
A A A
NEW YORK - Pemerintah Ukraina marah atas pernyataan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-mon, yang memuji peran Rusia untuk mengakhiri konflik di Ukraina.

Kemarahan Urkaina itu disampaikan Duta Ukraina untuk PBB, Volodymyr Yalchenko. Pujian Ban Ki-moon itu disampaikan dalam St. Petersburg International Economic Forum di Rusia.

Diplomat Ukraina itu mengatakan pujian Ban Ki-moon menunjukkan bahwa dia telah kehilangan “hak moral” untuk mengatakan apa pun tentang konflik di Ukraina.

“Tidak mengerti bagaimana Sekjen PBB bisa mengatakan hal-hal semacam pujian atas peran Rusia dalam menyelesaikan konflik di Ukraina ketika Federasi Rusia adalah pemain utama dalam agresi di Ukraina dan membuat konflik ini mendidih,” kesal Yalchenko, seperti dikutip AP, Jumat (17/6/2016).

Ukraina, kata dia, sudah mengirimkan surat protes kepada Majelis Umum yang memiliki 193 anggota untuk meminta koreksi dan penjelasan Sekjen PBB.

Pertempuran di Ukraina timur pecah pada April 2014 setelah presiden Ukraina pro-Rusia, Victor Yanukovych, digulingkan setelah protes jalanan selama berbulan-bulan. Krisis Ukraina juga diramaikan oleh lepasnya Crimea dan Ukraina yang kemudian dianeksasi oleh Rusia.

Langkah Rusia itu membuat negara-negara Barat pro-Ukraina menjatuhkan rentetan sanksi terhadap Moskow.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3391 seconds (0.1#10.140)