Ukraina Dicueki PBB, Zelensky: Saya Terkejut!

Kamis, 08 Juni 2023 - 07:35 WIB
loading...
Ukraina Dicueki PBB, Zelensky: Saya Terkejut!
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kesal permintaan bantuannya diabaikan oleh PBB dan Palang Merah. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam PBB dan Palang Merah yang dia anggap telah mengabaikan permintaan bantuan terkait banjir bandang akibat hancurnya bendungan Nova Kakhovka.

Ukraina, kata dia, tidak ingin mendapatkan apa pun secara militer dari dugaan tindakan sabotase terhadap bendungan tersebut—di mana Kyiv dan Moskow saling menyalahkan.

Dalam sebuah wawancara dengan media Jerman, BILD, pada hari Rabu, Zelensky mengatakan bahwa meskipun bencana telah berlangsung berjam-jam, PBB dan Palang Merah "tidak ada".

Kepala negara Ukraina itu menekankan bahwa kedua organisasi itu seharusnya menjadi yang pertama menyelamatkan nyawa manusia.



“Kami tidak menerima tanggapan [atas permintaan bantuan kami]. Saya terkejut,” kesal Zelensky, yang dilansir Kamis (8/6/2023).

Menurut Zelensky, kedua organisasi tersebut pada dasarnya telah mencuci tangan dari situasi tersebut.

Presiden Ukraina juga menolak klaim bahwa penghancuran bendungan telah memberikan keuntungan bagi militernya. "Apakah itu berakhir lebih buruk sebagai hasilnya, sulit untuk dikatakan," kata Zelensky.

Dia melanjutkan dengan menekankan bahwa pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di area tersebut saat ini dikendalikan oleh pasukan Rusia, sehingga Kyiv tidak dapat mendukung tuduhannya terhadap Moskow dengan bukti material.

Presiden Rusia Vladimir Putin, sebaliknya, menyalahkan Ukraina dan pendukung Barat-nya atas apa yang dia sebut "tindakan biadab" pada bendungan Nova Kakhovka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)