Kolombia Beri Sinyal Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Senin, 11 April 2016 - 13:46 WIB
Kolombia Beri Sinyal Legalkan Pernikahan Sesama Jenis
Kolombia Beri Sinyal Legalkan Pernikahan Sesama Jenis
A A A
BOGOTA - Otoritas Kolombia memberi sinyal untuk melegalkan pernikahan pasangan dengan jenis kelamin sama. Mahkamah Konstitusi di negara itu sedang bermusyawarah terkait rencana legalisasi pernikahan sesama jenis.

Keputusan final Mahkamah Konstitusi Kolombia akan muncul beberapa minggu mendatang. Jika pengadilan tertinggi Kolombia itu benar-benar melegalkan pernikahan sesama jenis, maka itu merupakan langkah “radikal” di negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik konservatif.

Pada tanggal 7 April 2016, hakim Mahkamah Konstitusi masih terpecah ketika ada usulan untuk mencegah notaris mendaftarkan pernikahan sesama jenis.

Semua manusia memiliki hak mendasar untuk menikah tanpa diskriminasi,” kata hakim Alberto Rojas, salah satu hakim Mahkamah Konstitusi Kolombia, seperti dikutip IB Times, Senin (11/4/2016).

Sistem hukum Kolombia memungkinkan bagi pasangan gay untuk masuk ke dalam serikat sipil, yang menawarkan banyak hak dan manfaat dari pernikahan seperti soal warisan dan pensiun yang sama. Tapi hak simbolis untuk menikah masih sulit dipahami masyarakat.

The Sun Daily mengutip seorang sumber dari pengadilan yang mengatakan, ”Cara ini terbuka untuk perkawinan antara orang-orang dari jenis kelamin yang sama. Ini hampir fakta bahwa pernikahan yang sama akan disetujui, tetapi tidak akurat untuk mengatakan bahwa itu sah pada hari ini.”

Jika keputusan final Mahkamah Konstitusi nantinya melegalkan pernikahan sejenis, maka hal itu dianggap sebagai kemenangan besar bagi komunitas gay.

Tak hanya itu, apabila Kolombia nekat melegalkan pernikahan sejenis, maka negara ini akan mengikuti langkah negara-negara Amerika Selatan lain seperti Brasil, Argentina dan Uruguay, yang telah mengesahkan pernikahan pasangan dengan jenis kelamin sama.

Sinyal disetujuinya legalitas pernikahan sejenis itu telah disambut sejumlah pihak pro-gay. AnggotaKongres, Angelica Lozano, merayakan sinyal legalisasi pernikahan sejenis yang akan dikeluarkan pengadilan tertinggi.

Hari ini kita telah memenangkan hak konstitusional kami, sekarang kami harus berjuang di jalan-jalan dan di dalam rumah-rumah penduduk,” ujarnya mengacu pada sosialisasi legalisasi pernikahan sejenis.

Sejumlah musisi Latin juga merayakannya melalui posting-an di Twitter. Musisi pop Puerto Rico, Ricky Martin, misalnya menulis; "Cinta dan kemenangan kesetaraan, Kolombia mengatakan YES untuk pernikahan sesama jenis.

Juanes penyanyi terkemuka di negara itu jugaikut meramaikannya di Twitter. ”Cinta lebih kuat dari apa pun dan seharusnya tidak memiliki rantai di atasnya, saya merayakan berita ini,” tulis dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3895 seconds (0.1#10.140)