Komandan Tewas Akibat Serangan Drone, Al-Qaeda Yaman Berduka

Sabtu, 06 Februari 2016 - 19:00 WIB
Komandan Tewas Akibat Serangan Drone, Al-Qaeda Yaman Berduka
Komandan Tewas Akibat Serangan Drone, Al-Qaeda Yaman Berduka
A A A
SANAA - Kelompok cabang Al-Qaeda di Yaman, Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), menyatakan berduka setelah salah seorang komandannya tewas akibat serangan pesawat drone milik Amerika Serikat (AS) pada pekan lalu.

"Kami menyampaikan bela sungkawa kepada masyarakat Muslim kami dan khususnya orang-orang kami di Yaman mengenai pembunuhan terhadap Komandan heroik Jalal Baleedi al-Marqishi yang tewas dalam serangan tentara salib yang menargetkannya saat berada di antara anak-anak suku di provinsi Abyan," bunyi pernyataan AQAP yang diposting di media sosial seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/2/2016).

Jalal Baleedi tewas oleh serangan pesawat tak berawak saat bepergian dengan dua orang lain di provinsi Abyan, Kamis. Dia telah menjalankan operasi tempur Al-Qaeda dan AS menghargai kepalanya senilai USD 5.000.000.

Meski begitu, Baeleedi diyakini telah membelot dari Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) menjadi loyalis ISIS dan menjabat sebagai Kepala Cabang ISIS di Yaman. (Baca juga: Serangan Drone AS Tewaskan Pentolan Al-Qaeda Yaman)

AQAP telah mengambil keuntungan dari perang diantara milisi Houthi dengan pasukan Yaman yang didukung oleh Arab Saudi untuk merebut wilayah dan beroperasi secara lebih terbuka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3198 seconds (0.1#10.140)