20 Ribu Orang di Kolombia Terinfeksi Virus di Zika

Minggu, 31 Januari 2016 - 15:36 WIB
20 Ribu Orang di Kolombia Terinfeksi Virus di Zika
20 Ribu Orang di Kolombia Terinfeksi Virus di Zika
A A A
BOGOTA - Sekitar 20 ribu orang di Kolombia dilaporkan telah terjangkit oleh virus Zika. Lebih dari 2.000 orang diantaranya diketahui adalah ibu-ibu hamil, yang membuat Kolombia berada di posisi kedua di bawah Brazil sebagai negara dengan infeksi paling banyak di dunia.

Dalam laporannya, Institut Kesehatan Nasional Kolombia mengatakan, total warga Kolombia yang terjangkit virus, yang merupakan saudara dekat demam berdarah tersebut mencapai 20.297 orang.

"1.050 kasus infeksi Zika Kolombia dikonfirmasi oleh tes laboratorium, 17 riby kasus oleh ujian klinis, dan 2,132 lainnya masih dugaan. Wanita menjadi sosok yang paling rentan terinfeksi virus itu, dengan 63,6 persen dari kasus menginfesi wanita," ujar Institut Kesehatan Nasional Kolombia, seperti dilansir Al Jazeera pada Minggu (31/1).

Pemerintah Kolombia memprediksi lebih dari 600.000 orang akan terinfeksi virus Zika di Kolombia tahun ini. Kolombia sendiri telah mengeluarkan status darurat virus Zika, setelah penyebarannya semakin sulit dikontrol.

Ini terlihat dari adanya arahan kepada seluruh rumah sakit di seluruh negara, khusunya yang berada di wilayah pinggiran untuk mempersiapkan penyebaran penyakit, yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti itu.

Selain itu, sama halnya dengan Brazil, pemerintah Kolombia juga meminta kepada seluruh pasangan suami istri untuk menunda kehamilan, setidaknya untuk jangka waktu satu tahun kedepan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4506 seconds (0.1#10.140)