Diplomat Iran Diberi Waktu 48 Jam untuk Hengkang dari Bahrain

Senin, 04 Januari 2016 - 22:56 WIB
Diplomat Iran Diberi Waktu 48 Jam untuk Hengkang dari Bahrain
Diplomat Iran Diberi Waktu 48 Jam untuk Hengkang dari Bahrain
A A A
MANAMA - Bahrain telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran dan menutup misi diplomatiknya di Teheran. Diplomat Iran di Bahrain diberi waktu paling lambat 48 jam untuk meninggalkan wilayah kerajaan Bahrain.

“Kerajaan Bahrain telah memutuskan untuk menghentikan hubungan diplomatik dengan Republik Islam Iran dan telah menyerukan pada semua anggota misi (Iran) untuk meninggalkan Kerajaan dalam waktu 48 jam,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Bahrain, seperti dikutip dari Bahrain News Agency, Senin (4/1).

"Kerajaan juga telah memutuskan untuk menutup misi diplomatiknya di Republik Islam Iran dan menarik semua anggota misi," lanjut pernyataan itu. Bahrain juga akan mengambil tindakan yang relevan untuk pelaksanaan pemutusan hubungan dengan Republik Islam Iran.

"Berdasarkan keputusan Kabinet, Kementerian Luar Negeri memanggil Mortadha Sanubari, Acting Kuasa Usaha Kedutaan Besar Republik Islam Iran, dan menyerahkan sebuah memorandum resmi dalam hal ini," kata kementerian itu.

Keputusan Bahrain memutus hubungan diplomatik dengan Iran didasari dukungan mereka pada Arab Saudi. Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Iran setelah kedubes Arab Saudi di Teheran diserang massa demonstran.

Selain menyerang, demonstran juga membakar gedung Kedubes Arab Saudi. Aksi massa ini adalah buntut dari eksekusi mati seorang tokoh Syiah yang dilakukan oleh otoritas Arab Saudi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4510 seconds (0.1#10.140)