'Normalisasi Siluman' Arab Saudi-Israel Dibalik Kesepakatan Bahrain

Minggu, 13 September 2020 - 15:36 WIB
loading...
Normalisasi Siluman Arab Saudi-Israel Dibalik Kesepakatan Bahrain
Foto/Ilustrasi
A A A
MANAMAH - Langkah Bahrain untuk secara resmi menjalin hubungan dengan Israel tidak dapat terjadi tanpa lampu hijau Arab Saudi , langkah lain dalam apa yang para pengamat sebut sebagai "normalisasi alternatif" hubungan Riyadh dengan negara Yahudi itu.

Bahrain pada hari Jumat menjadi sekutu Teluk kedua Arab Saudi yang mengumumkan rencana untuk meresmikan hubungan dengan Israel selama sebulan terakhir, setelah sebelumnya Uni Emirat Arab (UEA).(Baca: Bahrain Ikuti Jejak UEA Normalisasi Hubungan dengan Israel )

Langkah tersebut menyoroti potensi peran Riyadh, yang sejauh ini menangkis tekanan dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mengikutinya.

Perkembangan tersebut, yang disebut Trump sebagai "benar-benar bersejarah", tidak mungkin terjadi tanpa dukungan diam-diam dari Riyadh, yang memegang pengaruh besar atas Bahrain.

Arab Saudi, ekonomi terbesar di dunia Arab, termasuk di antara kekuatan Teluk yang menjanjikan bantuan keuangan USD10 miliar pada 2018 untuk Bahrain yang kekurangan uang, dan pada 2011 mengirim pasukan untuk menopang keluarga yang berkuasa setelah fenomena Arab Spring.

"Saya percaya bahwa kerajaan Bahrain berkonsultasi dengan Saudi mengenai keputusan ini untuk menghormati mereka," kata Marc Schneier, seorang rabi Amerika yang merupakan penasihat Raja Bahrain, kepada AFP.

"Pemerintah Bahrain sangat menghormati posisi Saudi selama proses ini," imbuhnya seperti dilansir dari France24, Minggu (13/9/2020).

Para pejabat Saudi secara terbuka tetap bungkam atas perkembangan tersebut, tetapi sumber yang dekat dengan pihak berwenang mengisyaratkan itu adalah konsesi untuk Trump setelah dia memberikan tekanan besar pada Riyadh untuk membentuk hubungan diplomatik dengan Israel.

"Anda akan memiliki cukup banyak negara yang masuk, yang besar akan datang. Saya berbicara dengan raja Arab Saudi...kami baru saja memulai dialog tentang normalisasi dengan Israel," kata Trump kepada wartawan seminggu setelah panggilan telepon dengan Raja Salman.

Media pemerintah Saudi tidak membahas masalah tersebut dalam pembacaan seruannya, hanya mengutip suara raja yang menyuarakan dukungan untuk solusi yang "langgeng dan adil" untuk masalah Palestina.(Baca: Raja Salman kepada Trump: Saudi Bersedia Capai Solusi Permanen untuk Palestina )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)