Pembicaraan Rekonsiliasi Iran-Saudi Siap ke Tingkat Lebih Tinggi

Jum'at, 22 Juli 2022 - 23:03 WIB
loading...
Pembicaraan Rekonsiliasi Iran-Saudi Siap ke Tingkat Lebih Tinggi
Pembicaraan rekonsiliasi Iran-Arab Saudi akan ke tingkat yang lebih tinggi. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran mengatakan Iran dan Arab Saudi siap untuk meningkatkan pembicaraan rekonsiliasi ke tingkat yang lebih tinggi.Perkembangan terbaruiniterjadi lebih dari setahun setelah mereka memulai pembicaraan dan enam tahun setelah kedua rival memutuskan hubungan.

Sejak April tahun lalu, Irak telah menjadi tuan rumah lima putaran pembicaraan antara Arab Saudi dan Iran, yang saling mendukung pihak-pihak berseberangan dalam berbagai konflik di sekitar wilayah tersebut.

"Kemajuan telah dibuat dalam negosiasi ini," kata Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Iran pada Kamis malam seperti dikutip dari France24, Jumat (22/7/2022).

Dia menambahkan bahwa pekan lalu Iran telah menerima pesan dari Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein yang mengatakan pihak Arab Saudi siap untuk memindahkan pembicaraan ke tingkat politik dan publik.

Diplomat top Iran itu mencatat bahwa putaran sebelumnya sebagian besar berada di tingkat pejabat keamanan.



"Kami mengumumkan kesiapan kami untuk pembicaraan memasuki panggung politik," tegasnya.

Pada 2016, pengunjuk rasa Iran menyerang misi diplomatik Arab Saudi di Iran setelah kerajaan itu mengeksekusi ulama Syiah Nimr al-Nimr. Riyadh menanggapinya dengan memutuskan hubungan dengan Teheran.

Amir-Abdollahian mengatakan dia berharap negosiasi dengan Riyadh akan mengarah pada hubungan diplomatik yang normal antara Arab Saudi dan Republik Islam Iran.

Para pejabat di Teheran sebelumnya mengatakan bahwa mengadakan pembicaraan di tingkat politik dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)