Jasad Pilot Su-24 Akan Diserahkan ke Rusia

Minggu, 29 November 2015 - 20:39 WIB
Jasad Pilot Su-24 Akan Diserahkan ke Rusia
Jasad Pilot Su-24 Akan Diserahkan ke Rusia
A A A
ANKARA - Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu mengatakan, jasad pilot jet tempur Su-24 Rusia yang tewas ketika pesawat tersebut ditembak jatuh oleh Turki pada pekan lalu akan diserahkan kepada Rusia.

Davutoglu mengatakan, penyerahan jasad pilot Su-24 ini sesuai dengan permintaan Rusia. Sebelum diserahkan, jasad pilot Su-24 akan menjalani prosesi sesuai dengan tradisi Kristen Ortodok seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (29/11/2015).

Davutoglu mengatakan dengan koalisi dan tujuan yang berbeda di Suriah, insiden serupa bisa saja terjadi kecuali masing-masing pihak mau berbagi informasi dan koordinasi.

Pesawat tempur Rusia, Su-24, ditembak jatuh oleh pesawat F-16 milik militer Turki di perbatasan Turki-Suriah pada pekan lalu. Insiden ini pun langsung berdampak pada hubungan kedua negara.

Rusia menilai Turki telah melakukan tindakan kriminal karena telah menembak pesawatnya saat berada di wilayah Suriah. Namun Turki mengatakan pesawat Su-24 ditembak karena melanggar batas wilayah dan militernya telah memberikan peringatan terlebih dahulu sebelum menembak jatuh.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4247 seconds (0.1#10.140)