Surat Kabar China: AS dan Rusia Perang Dingin di Suriah

Selasa, 13 Oktober 2015 - 14:38 WIB
Surat Kabar China: AS dan Rusia Perang Dingin di Suriah
Surat Kabar China: AS dan Rusia Perang Dingin di Suriah
A A A
BEIJING - Surat kabar terkemuka China pada Selasa (13/10/2015), menulis Amerika Serikat (AS) dan Rusia mengulang Perang Dingin mereka dengan terlibat aksi militer di Suriah.

People Daily, surat kabar resmi Partai Komunis—partai berkuasa di China— itu terang-terangan menyebut kedua negara adidaya tersebut sudah terlibat perang proxy di Suriah.

”Amerika Serikat dan Uni Soviet (Rusia) menggunakan segala macam tindakan diplomatik, ekonomi dan militer di tanah negara-negara ketiga, bermain ‘tit-for-tat’ untuk meningkatkan pengaruh mereka. Itu adalah adegan lama dari Perang Dingin,” tulis media China tersebut dalam sebuah artikel.

Pemerintah China yang merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB cenderung sejalan dengan Rusia dalam kebijakan luar negerinya di Suriah. Namun, kali ini China menyatakan keprihatinan atas campur tangan negara-negara lain dalam urusan internal Suriah. Beijing kembali menyerukan solusi politik untuk penyelesaian krisis Suriah.

Rusia sejak dua pekan lalu melakukan agresi militer di Suriah untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok teror lain di Suriah. Aksi Suriah dikritik Barat karena serangannya dianggap untuk mendukung kekuasaan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Sementara itu, Amerika Serikat dan sekutunya juga sama-sama melakukan serangan udara di Suriah dengan dalih melawan ISIS. Namun, AS juga menegaskan bahwa mereka mendukung pemberontak Suriah dan menghendaki penggulingan rezim Assad.

"Masyarakat internasional, terutama negara-negara besar dengan banyak pengaruh, sepenuhnya harus mengakui kritis, kebutuhan mendesak untuk mencapai solusi politik untuk masalah Suriah,” lanjut artikel media China itu yang ditulis seseorang dengan nama pena “Zhong Sheng”, seperti dilansir Reuters.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3841 seconds (0.1#10.140)