Jenderal Garda Revolusi Iran Dibunuh ISIS di Suriah

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 15:28 WIB
Jenderal Garda Revolusi Iran Dibunuh ISIS di Suriah
Jenderal Garda Revolusi Iran Dibunuh ISIS di Suriah
A A A
ALEPPO - Seorang komandan Garda Revolusi Iran, Jenderal Hussein Hamedani, tewas di dekat Aleppo, Suriah. Pihak Garda Revolusi Iran (IRGC) menyatakan, jenderal Iran itu dibunuh kelompok ISIS.

Jenderal Hossein Hamedani selama ini berada di Suriah untuk memberikan nasihat militer kepada pasukan Pemerintah Suriah dalam memerangi kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). IRGC dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, Jumat (9/10/2015) menyatakan bahwa Jenderal Hamedani tewas dibunuh pada Kamis malam.

“Dia adalah bagian dari Teheran yang menawarkan saran militer untuk rezim Suriah dalam memerangi kelompok teroris,” bunyi laporan media Pemerintah Iran yang dikutip Independent.

Jenderal Hamedani merupakan salah satu komandan pengawas Pasukan Quds, sebuah pasukan unit khusus Iran yang ikut memerangi pemberontak di Suriah. Pasukan Quds oleh Amerika Serikat (AS) sudah dimasukkan dalam daftar organisasi teroris.

Sosok Hamedani dikendal atas tindakan kerasnya terhadap demonstran selama demonstrasi menentang hasil Pemilihan Presiden Iran tahun 2009. Dia telah dijatuhi sanksi oleh Inggris dan negara-negara lain.

Selain ISIS, Hamedani juga memberikan nasihat militer pada pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad untuk memerangi kelompok al-Nusra, kelompok cabang al-Qaeda di Suriah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3379 seconds (0.1#10.140)