Rusia: Insiden Drone Tegaskan Keterlibatan AS dalam Perang Ukraina

Kamis, 16 Maret 2023 - 06:04 WIB
loading...
Rusia: Insiden Drone Tegaskan Keterlibatan AS dalam Perang Ukraina
Rusia menyebut insiden jatuhnya drone MQ-9 Reaper di Laut Hitam menegaskan keterlibatan AS dalam perang di Ukraina. Foto/Insider
A A A
MOSKOW - Rusia akan berusaha untuk menemukan puing-puing pesawat tak berawak atau drone MQ-9 Reaper milik Amerika Serikat (AS) yang jatuh di laut hitam. Hal itu diumumkan sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev, telah mengumumkan.

Berbicara langsung di stasiun televisi Rusia, Rossiya 1, Patrushev mengakui bahwa dia tidak tahu apakah mungkin untuk mencapai puing-puing UAV AS itu. Namun ia menekankan bahwa penting untuk melakukan upaya untuk menemukan dan mempelajari puing-puing itu.

“Orang Amerika terus mengatakan bahwa mereka tidak berpartisipasi dalam permusuhan di Ukraina dan insiden terbaru dengan drone ini adalah konfirmasi lain bahwa (AS) terlibat langsung dalam konflik militer yang sedang berlangsung," Patrushev menambahkan seperti dikutip dari RT, Kamis (16/3/2023).

Pernyataan Patrushev muncul setelah Komando Eropa Washington (EUCOM) melaporkan bahwa salah satu drone MQ-9 Reaper-nya dijatuhkan di atas Laut Hitam pada Selasa pagi sebagai akibat dari tindakan tidak aman dan tidak profesional dua jet tempur Su-27 Rusia.



Pentagon menegaskan bahwa salah satu jet pencegat Rusia telah menyerang baling-baling drone saat melakukan misi pengintaian di wilayah udara internasional.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah klaim bahwa pesawatnya melakukan kontak dengan drone Amerika, tetapi melaporkan bahwa Angkatan Udara telah merekam penerbangan UAV Amerika di atas Laut Hitam menuju perbatasan Rusia dan mengirim dua pencegat untuk menyelidiki.

Kementerian Pertahanan Rusia mencatat bahwa pesawat terbang dengan transponder dimatikan dan melanggar batas udara sementara yang ditetapkan di sekitar area operasi militer yang sedang berlangsung di Ukraina.

"Di beberapa titik, sebagai akibat dari manuver tajam, pesawat tak berawak itu melakukan penerbangan tak terkendali dan jatuh ke laut," Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan, mencatat bahwa jet tempur Rusia tidak menggunakan senjata udara dan tidak melakukan kontak dengan pesawat tak berawak itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)