5 Fakta Jet Tempur Rusia dan Drone MQ-9 Reaper AS yang Tabrakan

Rabu, 15 Maret 2023 - 03:26 WIB
loading...
5 Fakta Jet Tempur Rusia dan Drone MQ-9 Reaper AS yang Tabrakan
Jet tempur Su-27 Rusia (kiri) dan drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat. Dua jenis pesawat militer ini bertabrakan di atas Laut Hitam. Foto/Militaryfactory.com
A A A
MOSKOW - Sebuah jet tempur Su-27 Rusia membuang bahan bakar ke arah drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam dan kemudian bertabrakan dengannya, menyebabkan drone itu jatuh ke laut pada Selasa pagi.

Narasi itu merupakan versi militer AS. Sedangkan versi Kementerian Pertahanan Rusia, jet tempur Su-27 tidak kontak dengan drone Amerika. Menurut kementerian itu, drone itu jatuh ke Laut Hitam karena bermanuver tajam.

Terlepas versi siapa yang benar, ada lima fakta penting dari drone MQ-9 Reaper dan jet tempur Su-27 sebagaiman dikutip dari NDTV. Berikut detailnya:

1. Drone MQ-9 Reaper digunakan AS untuk mata-mata dan serangan, dan telah lama beroperasi di Laut Hitam mengintai pasukan Angkatan Laut Rusia.



2. MQ-9 Reaper dapat dipersenjatai dengan rudal Hellfire udara-ke-darat serta bom yang dipandu laser dan dapat terbang lebih dari 1.700 km pada ketinggian hingga 15.000 meter.

3. Versi diperpanjang dari MQ-9 memiliki kemampuan yang dapat dipasang kembali di lapangan seperti pod bahan bakar di sayap dan roda pendaratan baru yang diperkuat, yang memperpanjang daya tahan pesawat dari 27 jam menjadi 34 jam.



4. Sukhoi-27 Flanker atau Su-27 merupakan jet tempur bermesin ganda yang sangat bermanuver yang memberikan keunggulan udara. Itu dirancang oleh Biro Desain Sukhoi.

5. Su-27 dapat beroperasi secara mandiri dalam pertempuran di atas wilayah musuh, dalam pengawalan pesawat serang penetrasi lebih dalam dan dalam menekan lapangan udara musuh.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)