AS Hendak Jual Ribuan Bom dan Rudal ke Israel

Kamis, 21 Mei 2015 - 18:14 WIB
AS Hendak Jual Ribuan Bom dan Rudal ke Israel
AS Hendak Jual Ribuan Bom dan Rudal ke Israel
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berencana untuk menjual ribuan bom dan rudal kepada Israel. AS juga hendak menjual 10 helikopter Seahawk kepada Arab Saudi.

Departemen Luar Negeri AS mengkonfirmasi bahwa rencana penjualan senjata AS kepada dua sekutunya di Timur Tengah itu telah diusulkan kepada Kongres AS. Rencana penjualan ribuan bom itu muncul di tengah kecemasan Israel atas negosiasi nuklir Iran.

Dalam sebuah kesepakatan penjualan senjata AS dan Israel, ribuan bom yang dijual AS itu antara lain 3.000 misil Hellfire, 250 misil jenis medium-range air-to-air, 4.100 bom glide, dan 50 "super" penetrator bom 50 BLU-113. Senjata-senjata tersebut didesain untuk menyerang lokasi bawah tanah.

Israel selama ini mengkritik tajam diplomasi AS dengan Iran. Israel berdalih berhak untuk mengambil tindakan militer sepihak terhadap Iran untuk mencegah Teheran memperoleh senjata nuklir.

Media Israel, Haaretz, melaporkan bahwa Washington memberikan sinyal untuk memperluas bantuan militer kepada Israel sebagai kompensasi kekhawatiran Israel atas kesepakatan nuklir Iran dan negara-negara kekuatan dunia, termasuk AS.

”Tawaran penjualan senjata ini akan mendukung kemampuan Israel dalam mempertahankan diri,” kata pihak Agen Perusahaan Pertahanan dan Keamanan AS melalui seorang juru bicara, Kamis (21/5/2015).

Sedangkan kesepakatan dengan Saudi, AS berencana menjual 10 helikopter Seahawk MH-60R yang dilengkapi radar, sistem navigasi dan 38 rudal Hellfire.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6245 seconds (0.1#10.140)