Warga AS Dipenjara Iran Mogok Makan, Desak Biden Membebaskannya

Selasa, 17 Januari 2023 - 17:48 WIB
loading...
A A A


Seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan kepada CBS News bahwa pemerintah AS berkomitmen untuk mengamankan kebebasan warga Amerika yang ditahan di Iran.

"Kami tetap berkomitmen untuk mengamankan kebebasan Siamak Namazi, dan kami bekerja tanpa lelah untuk membawanya pulang bersama dengan semua warga AS yang ditahan secara tidak sah di Iran, termasuk Emad Shargi dan Morad Tahbaz," kata juru bicara tersebut.

Pemerintahan Biden telah didesak untuk membantu mengamankan pembebasan beberapa warga Amerika yang telah ditahan di negara-negara di Timur Tengah. Juli lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengadakan panggilan telepon dengan keluarga individu yang telah ditahan di luar negeri.

Namun, keluarga individu yang dipenjara di Mesir atau Arab Saudi tidak diundang, sehingga memicu kemarahan dari kerabat tersebut.

Tahun lalu, AS terlibat dalam beberapa pertukaran tahanan untuk membebaskan warga Amerika yang ditahan di negara lain, termasuk mencapai kesepakatan dengan Taliban di Afghanistan. AS juga terlibat dalam pertukaran profil tinggi dengan Rusia yang membuat pemain bola basket Amerika Britney Griner dibebaskan dengan imbalan pembebasan pedagang senjata terkenal, Viktor Bout.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)