AS-Rusia Tukar Tahanan, Pebasket dengan Pedagang Senjata

Kamis, 08 Desember 2022 - 21:43 WIB
loading...
AS-Rusia Tukar Tahanan, Pebasket dengan Pedagang Senjata
AS-Rusia melakukan pertukaran tahanan yang melibatkan pebasket Brittney Griner (kiri) dengan pedagang senjata Viktor Bout (kanan). Foto/chron
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Rusia telah melakukan pertukaran tahanan. Bintang bola basket AS, Brittney Griner yang dipenjara Rusia ditukar dengan pedagang senjata terkenal Viktor Bout, yang ditahan di penjara AS selama 12 tahun.

Presiden AS Joe Biden mengatakan Griner telah aman dan berada di pesawat kembali ke Amerika dari Uni Emirat Arab.

"Saya senang mengatakan Brittney dalam semangat yang baik...dia membutuhkan waktu dan ruang untuk pulih," katanya di Gedung Putih seperti dikutip dari BBC, Kamis (8/12/2022).

Dalam tweetnya, Presiden Biden memposting foto dari Oval Office bersama istri Griner, Cherelle.

"Beberapa saat yang lalu saya berbicara dengan Brittney Griner. Dia aman. Dia berada di pesawat. Dia sedang dalam perjalanan pulang," tulisnya.

Berbicara di Ruang Oval, istri Griner, Cherelle, memuji upaya pemerintahan Biden dalam mengamankan pembebasannya.

"Saya hanya berdiri di sini dengan emosi," ucapnya.



Ketika negosiasi mulai mengamankan pembebasan Griner selama musim panas, AS juga menjelaskan bahwa mereka ingin mantan marinir Paul Whelan dibebaskan juga. Namun, Whelan, yang dituduh oleh Rusia sebagai mata-mata, bukan bagian dari pertukaran tahanan.

Berbicara di Oval Office, Presiden Biden berkata: "Meskipun kami belum berhasil mengamankan pembebasan Paul, kami belum menyerah; kami tidak akan menyerah."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)