10 Cabang ISIS di Dunia Selain ISIS-K, Semua Aktif Tebar Teror

Selasa, 17 Januari 2023 - 11:39 WIB
loading...
A A A
Diketahui, ISIS di Afrika bertugas untuk melakukan transfer dana dari ISIS puncak ke cabang-cabangnya di seluruh Afrika.

2. ISIS-Somalia

ISIS juga menyebarkan pengaruhnya ke Somalia. Jaringan terorisme internasional ini melakukan operasinya di Somalia dan memiliki hubungan baik dengan al-Qaida dan al-Shabaab.

Anggota ISIS-Somalia rata-rata terlibat dalam tindakan ilegal, seperti perusakan lingkungan. Dalam laman U.S. Department of State, disebutkan bahwa ISIS-Somalia juga melakukan serangan ke masyarakat sipil dan memeras komunitas lokal guna mendapatkan dana.

Mereka juga kerap mengintimidasi hingga membunuh para pengusaha di Somalia yang tidak membantu menyediakan dana bagi organisasi tersebut.

3. Boko Haram (Nigeria)

Di Nigeria, Boko Haram dinyatakan sebagai kelompok teroris yang sangat berbahaya. Hal itu disampaikan pemerintah Nigeria pada Juni 2012.

Presiden Nigeria kala itu, Goodluck Jonathan, melarang keberadaan Boko Haram dan menganggap semua aktivitas yang dilakukan kelompok tersebut adalah ilegal.

Informasi yang disampaikan EUAA (European Union Agency for Asylum) menyebut bahwa Boko Haram terpecah menjadi 2 kubu pada tahun 2016.

Kubu pertama adalah kelompok JAS (Jama’atu Ahlis Sunna Lidda’adati wal-Jihad) pimpinan Abubakar Shekau, sedangkan kubu kedua bernama Negara Islam Afrika Barat atau ISIS-WA.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)