10 Cabang ISIS di Dunia Selain ISIS-K, Semua Aktif Tebar Teror

Selasa, 17 Januari 2023 - 11:39 WIB
loading...
A A A
Kubu ini dipimpin oleh Abu Musab al Barnawi. Hal spesifik mengenai ISIS-WA, fokus serangan dari kelompok ini adalah mereka yang bukan beragama Islam sehingga dicap kafir.

ISIS-WA sudah melakukan berbagai serangan militer dan sangat aktif di wilayah perbatasan Nigeria dan negara bagian Yobe.

4. ISIS-Libya

Gerakan Islamic State Libya mulai terlihat pada tahun 2014. Pengaruh ISIS sebenarnya sudah terlihat sejak tahun 1980-an, di mana beberapa pejuang yang baru saja kembali dari Suriah, membentuk Dewan Syura Pemuda Islam dan menyatakan kesetiaannya kepada ISIS.

Seiring berjalannya waktu, ISIS-Libya terus berkembang dan melakukan berbagai serangan mematikan di negara tersebut.

Pada 27 Januari 2015, sekelompok orang bersenjata melakukan penyerbuan ke sebuah hotel mewah di Tripoli.

Akibatnya, ada 10 orang tewas mengenaskan dalam peristiwa kelam tersebut. Setelah itu, pihak ISIS mengaku bertanggung jawab atas kasus itu.

5. ISIS-Yaman

ISIS juga ada di Yaman, namun eksistensinya sudah melemah dalam beberapa tahun belakangan ini. Anggota ISIS-Yaman melakukan serangkaian teror berskala kecil, namun tidak sampai menguasai wilayah di negara tersebut.

Melansir laporan lembaga think tank, Critical Threats, kebangkitan organisasi Islamic State (IS) di Yaman terjadi pada tahun 2014 dan 2015.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)