10 Cabang ISIS di Dunia Selain ISIS-K, Semua Aktif Tebar Teror

Selasa, 17 Januari 2023 - 11:39 WIB
loading...
A A A
Di Filipina Selatan, gerakan yang berafiliasi dengan ISIS dan menjadi cabangnya adalah Abu Sayyaf. Kelompok ini mengucapkan kesetiaannya terhadap ISIS sejak tahun 2014.

Kelompok separatis ini tadinya merupakan bagian dari MNLF atau Front Pembebasan Nasional Moro. Sementara itu, Abu Sayyaf sendiri adalah nama seorang mujahidin asal Afghanistan yang berperang melawan Uni Soviet tahun 1980-an.

Ia memiliki banyak anak buah dalam upaya perlawanan itu. Namanya lantas diambil menjadi nama kelompok separatis di Filipina.

Kelompok Abu Sayyaf menculik ratusan orang, yang didominasi oleh warga Filipina dan orang berkulit putih. Bahkan, mereka juga menculik turis asing yang tengah berlibur ke Filipina.

9. ISJK/ISIS-India

Islamic State Jammu dan Kashmir atau ISJK merupakan cabang ISIS di India yang juga kerap melakukan berbagai teror. Pada April 2021, misalnya.

Kepolisian India menangkap seorang teroris anggota ISJK bernama Malik Umaid. Ia diketahui memiliki pistol dengan 8 peluru dan uang tunai.

Penangkapan itu dilakukan usai polisi mendapat informasi akan adanya pergerakan teroris di India. Ketika diperiksa, ia mengaku bahwa senjata dan uang tersebut sengaja dikirimkan kepadanya untuk melakukan serangan di Jammu dan Kashmir.

10. IS-BP (Bangladesh)

Organisasi terorisme di Provinsi Bengal, Bangladesh, juga adalah bagian dari ISIS. Keberadaan kelompok ini diumumkan pada tahun 2016.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)