Kerap Jadi Sasaran Kritik, Menteri Pertahanan Jerman Pilih Mundur

Selasa, 17 Januari 2023 - 02:30 WIB
loading...
Kerap Jadi Sasaran Kritik, Menteri Pertahanan Jerman Pilih Mundur
Kerap Jadi Sasaran Kritik, Menteri Pertahanan Jerman Pilih Mundur. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht meminta Kanselir Olaf Scholz untuk membebaskannya dari jabatannya. Hal itu terungkap dalam sebuah pernyataan yang diposting oleh Kementerian Pertahanan Jerman di halaman Twitter-nya pada Senin (16/1/2023).

Lambrecht menjelaskan bahwa perhatian media padanya dan diskusi tentang tindakannya dalam beberapa bulan terakhir membayangi diskusi tentang kebutuhan Bundeswehr dan pengembangan tentara untuk kepentingan warga negara.



"Oleh karena itu saya memutuskan untuk mengosongkan jabatan saya," kata penjabat menteri, seperti dikutip dari TASS.

Lambrecht telah dikritik dalam beberapa bulan terakhir karena dukungan logistik yang tidak memadai dari Angkatan Bersenjata Jerman. Dia mendapat peringkat ke-20 dalam hal popularitas di kalangan politisi Jerman.

Baru-baru ini, dia dikritik karena pidato Tahun Barunya beredar di media sosial. Terekam di trotoar dengan latar petasan yang meledak, kata-kata menteri tertahan oleh angin dan suara kembang api. Media juga menganggap beberapa kata-kata Lambrecht tidak pantas.

Scholz sendiri dilaporkan telah menerima pengunduran diri Lambrecht, Wakil Juru Bicara Pemerintah Christiane Hoffmann mengatakan pada sebuah pengarahan pada hari Senin.



"Kanselir menghormati keputusan Lambrecht dan berterima kasih padanya atas pekerjaan hebat yang dia lakukan di masa yang rumit dan menantang ini. Kanselir akan segera menyampaikan proposalnya kepada presiden tentang calon penggantinya," kata Hoffmann.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan Jerman yang juga hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa Lambrecht akan tetap menjabat sebagai menteri pertahanan negara hingga menerima surat pengunduran diri dari presiden. Masih belum jelas kapan ini akan terjadi, tambahnya.

Surat kabar Frankfurter Allgemeine Zeitung melaporkan pada hari Senin, mengutip sumber pemerintah Jerman, bahwa nama pengganti Lambrecht akan diumumkan pada hari Selasa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)