Seteru dengan Rusia Memanas, Berapa Banyak Senjata Nuklir Dimiliki NATO?

Sabtu, 14 Januari 2023 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Total Senjata Nuklir AS

Saat ini, menurut data Pentagon, ada 5.428 hulu ledak nuklir pada setidaknya 652 kendaraan pengiriman di AS, termasuk 400 rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III dan 14 kapal selam Trident kelas Ohio berkemampuan nuklir. Jumlah hulu ledak nuklir AS yang saat ini dikerahkan mencapai 1.350.

Menurut organisasi nirlaba Center for Arms Control and Non-Proliferation yang berbasis di Washington, jumlahnya terdiri dari sekitar 100 hulu ledak nuklir yang disimpan AS di seluruh Eropa di beberapa pangkalan udara—di Belgia, Jerman, Italia, Belanda, dan Turki—sejalan dengan apa yang disebut prinsip berbagi nuklir NATO.

Arsenal Nuklir Inggris

Sebuah outlet berita AS berpendapat bahwa Inggris saat ini memiliki total 225 hulu ledak nuklir.

Jumlah tersebut mencakup lebih dari 100 hulu ledak yang dapat menjadi bagian dari senjata kapal selam bertenaga nuklir kelas Vanguard Inggris.



Arsenal Nuklir Prancis

Ada sekitar 290 senjata nuklir di Prancis. Menurut koalisi masyarakat sipil global Kampanye Internasional untuk Memusnahkan Senjata Nuklir, Prancis mampu meluncurkan serangan nuklir dari kapal selam atau menggunakan rudal berhulu ledak nuklir yang dijatuhkan dari pesawat terbang.

Koalisi itu berpendapat bahwa Prancis menghabiskan sekitar USD5,9 miliar untuk membangun dan mempertahankan kekuatan nuklirnya pada tahun 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)