Rusia Ancam AS dengan Rudal Hipersonik Nuklir

Jum'at, 06 Januari 2023 - 09:08 WIB
loading...
Rusia Ancam AS dengan Rudal Hipersonik Nuklir
Presiden Vladimir Putin (kanan) bersama Wakil Kepala Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev. Dmitry Medvedev mengancam Amerika Serikat dengan rudal hipersonik berkemampuan nuklir. Foto/Alexey Nikolsky/Kremlin via REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia mengancam Amerika Serikat (AS) dengan rudal jelajah hipersonik berkemampuan nuklir . Ancaman ini dilontarkan Wakil Kepala Dewan Keamanan Kremlin Dmitry Medvedev.

Medvedev, mantan presiden dan merupakan sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin, membandingkan kebijakan pemerintah AS dengan kebijakan Nazi dalam posting Telegram hari Kamis (5/1/2023). Posting-nya itu sebagai tanggapan atas seruan Kedutaan AS kepada warga Rusia untuk perdamaian.

“Hadiah utama Tahun Baru adalaharsenal rudal Zircon yang kemarin dikirim ke pantai negara-negara NATO,” kata Medvedev.

Zircon adalah rudal jelajah hipersonik yang mampu membawa hulu ledak nuklir ke target. Putin menggambarkan rudal tersebut sebagai rudal yang mustahil dicegat oleh sistem pertahanan apa pun dan tidak ada tandingannya di dunia.



Rudal Zircon, sebagaimana dilaporkan Reuters, telah ditempatkan di kapal perang Admiral Gorshkov yang sekarang sedang ditugaskan ke Samudra Atlantik dan Samudra Hindia sebelum akhirnya ke Laut Mediterania.

“Jangkauan 1.000 km dengan hipersonik Mach 9 dan kemampuan untuk menggunakan muatan apa pun dengan jaminan mengatasi pertahanan rudal apa pun,” ancam Medvedev.

"Biarkan [Gorshkov] berdiri di suatu tempat 100 mil dari pantai, lebih dekat ke Sungai Potomac," lanjut dia.

Sekadar diketahui, Sungai Potomac mengalir melewati Washington DC, Ibu Kota Amerika Serikat. Dengan demikian, ancaman dari Medevedev jelas ditujukan pada Amerika.

Rudal Zircon yang tersedia untuk pasukan Rusia saat ini baru versi maritim. Untuk rudal hipersonik varian peluncuran udara, Rusia memiliki rudal Kinzhal yang telah digunakan untuk perang di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)