Taliban Puji Supercar Pertama Afghanistan, Ini Penampakannya

Jum'at, 13 Januari 2023 - 18:16 WIB
loading...
Taliban Puji Supercar Pertama Afghanistan, Ini Penampakannya
Supercar pertama buatan Afghanistan dipuji Taliban sebagai bukti kelompok militan itu dukung ilmu agama dan modern. Foto/twitter
A A A
KABUL - Menteri Pendidikan Taliban Abdul Baqi Haqqani memuji "supercar" pribumi pertama Afghanistan sebagai bukti kelompok militan akan mempromosikan "ilmu agama dan modern."

Gagasan dari perusahaan teknik yang berbasis di Kabul, Mada-9 menyembunyikan motor run-of-the-mill di bawah kurva eksotisnya.



Baru-baru ini, mobil itu diluncurkan di Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI) Kabul.

“Mada-9 kokoh dan ringan, dan akan membantu Afghanistan menghilangkan reputasinya sebagai perang dan konflik dan kesengsaraan,” ungkap kepala ATVI Ghulam Haidar Shuhamat kepada ToloNews pada Selasa.

Berbicara di bengkel perancangnya di institut tersebut, Haqqani mengatakan proyek tersebut membuktikan Taliban akan membawa “ilmu agama dan modern kepada masyarakat,” menurut laporan First Post India pada Rabu.



Juru bicara resmi Taliban Zabiullah Mujahid menyatakan di Twitter bahwa mobil itu akan mengangkat pamor Afghanistan.

Terlepas dari pujian yang bersinar dari para militan, mobil itu dalam pengembangan selama beberapa tahun sebelum Taliban merebut kembali kendali Afghanistan setelah penarikan AS pada tahun 2021.

Desainer Mohammad Riza Ahmadi mengatakan dia dan tim yang terdiri dari 30 insinyur membutuhkan waktu lima tahun untuk menyelesaikan ide untuk prototipe bekerja.

Versi yang ditampilkan di ATVI memiliki rangka tubular dan suspensi pushrod, pengaturan yang memulai debutnya di mobil Formula 1 pada tahun 1960-an.

Seperti supercar Italia yang diunggulkan di departemen desain, mesin Mada-9 berada di belakang pengemudi.

Mesinnya sendiri adalah unit Toyota empat silinder. Berdasarkan video yang diposting ke media sosial oleh Ahmadi bulan lalu, tampaknya itu adalah mesin 1ZZ 1,8 liter, yang menggerakkan lebih dari selusin kendaraan ekonomi perusahaan Jepang pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Namun, sementara 1ZZ hanya mengeluarkan maksimum 130 tenaga kuda saat dipasang ke Corolla pada saat itu, pembuat mobil Inggris Lotus memasang versi yang ditingkatkan dengan supercharger dan memasangnya di Elise yang ringan, di mana ia menghasilkan 218 hp dan mendorong kendaraan dua tempat duduk itu hingga 100 km/jam hanya dalam waktu empat detik.

Ahmadi mengatakan kepada ToloNews bahwa dia bermaksud menampilkan kendaraan tersebut pada pameran yang akan datang di Qatar.

Dia menambahkan, “Itu akan memulai perjalanannya di Afghanistan dan suatu hari mungkin akan menjadi internasional.”
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)