Negara yang Pernah Terlibat Perang Terbuka dengan Israel

Jum'at, 13 Januari 2023 - 15:22 WIB
loading...
A A A
Pasukan Hizbullah memutuskan untuk melakukan serangan usai Israel ingin mengambil senjata organisasi tersebut.

Pertempuran berlangsung di wilayah Bint Jubail, namun Israel tidak bisa mengusir Hizbullah sepenuhnya dari kota. Akibat perang tersebut, sebagian infrastruktur Lebanon mengalami kerusakan.

3. Suriah

Israel melancarkan serangan militer saat Perang Sipil Suriah pada tahun 2013. Melansir artikel bertajuk “Motif Serangan Militer Israel dalam Perang Sipil Suriah”, serangan tersebut dikarenakan adanya transfer persenjataan dari Hizbullah di sekitar wilayah Suriah.

Serangan Israel ke Suriah membidik konvoi kendaraan mengangkut persenjataan antipesawat untuk Hizbullah yang ada di Lebanon.

Sebelum melakukan serangan ke Suriah, Israel hanya mengamati perang sipil yang ada di negara tersebut. Diketahui, perang sipil Suriah berlangsung sejak tahun 2011.

4. Palestina

Palestina hingga kini berperang dengan Israel secara terbuka. Konflik berlarut ini sudah berlangsung sejak tahun 1948.

Melansir jurnal MIQOT (2015) dengan judul “Palestina dan Israel: Sejarah, Konflik dan Masa Depan”, disebutkan bahwa Israel sudah eksis di tanah Palestina pada rentang tahun 1948 hingga 1968.

Dalam perang tahun 1967, beberapa negara Arab seperti Yordania, Mesir, Suriah, Arab Saudi, dan Irak, bahkan bersama-sama memerangi Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)