Negara yang Pernah Terlibat Perang Terbuka dengan Israel

Jum'at, 13 Januari 2023 - 15:22 WIB
loading...
Negara yang Pernah Terlibat Perang Terbuka dengan Israel
Pasukan Israel dan kendaraan militer bermanuver di pinggiran Rafah, di Jalur Gaza selatan, saat perang enam hari melawan Mesir, Suriah dan Yordania, hingga merebut semenanjung Sinai, Dataran Tinggi Golan, Jalur Gaza dan Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timu
A A A
TEL AVIV - Hingga saat ini, Israel masih terus melancarkan serangan ke Palestina. Menilik sejarahnya, beberapa negara lain juga pernah terlibat perang terbuka dengan Israel.

Berikut adalah 4 negara dan kawasan yang terlibat perang terbuka dengan Israel.

1. Irak

Perang Irak dan Israel dimulai pada Januari 1991, kala Irak menembakkan rudalnya ke wilayah Israel. Kejadian tersebut terjadi di tengah Perang Teluk.

Melansir laman The Guardian, setidaknya ada 8 rudal Scud yang jatuh ditembakkan ke berbagai wilayah di Israel.

Beberapa wilayah yang menjadi sasaran adalah Tel Aviv, Haifa, dan daerah lain yang tidak berpenghuni. Israel pun langsung memberlakukan status siaga perang formal.

Pejabat Amerika Serikat (AS) menyatakan Israel berhak untuk membela diri. Beberapa saat usai rudal menghantam Israel, pasukan sekutu terlihat langsung menuju ke Irak.

Serangan yang dilakukan Irak tersebut merupakan respons atas serangan udara Presiden AS George Bush saat itu ke Baghdad.

2. Lebanon

Israel terlibat konflik dengan Hizbullah, organisasi dan partai politik asal Lebanon. Konflik yang terjadi pada 12 Juli sampai 14 Agustus 2006 itu mengakibatkan pasukan Israel menginvasi Lebanon dengan tujuan menekan Hizbullah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)